Penelitian ini bertujuan merancang game interaktif "Connect the Color" untuk mendukung perkembangan kognitif anak usia dini melalui pengenalan warna dan objek serta latihan pemecahan masalah. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan, perancangan desain, pengembangan game dengan perangkat lunak Unity, dan uji coba iteratif pada anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan game ini efektif meningkatkan kemampuan kognitif, terutama dalam mengenali warna dan logika. Anak-anak juga menunjukkan motivasi belajar yang tinggi karena game ini menyenangkan dan menantang. Respon positif dari orang tua dan pakar pendidik menguatkan bahwa game ini merupakan alat bantu belajar yang efektif. Penelitian ini membuktikan potensi besar game edukatif dalam mendukung perkembangan kognitif anak-anak.
Full_Text
Screenshot Jurnal
Amatullah, A. A., Hariyanti, D. P. D., & Purwadi, P. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN PUZZLE DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK. Wawasan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9732
Arjoranta, J. (2019). How to Define Games and Why We Need to. The Computer Games Journal, 8(3–4). https://doi.org/10.1007/s40869-019-00080-6
Egenfeldt-Nielsen, S., Smith, J. H., & Tosca, S. P. (2019). Understanding video games: The essential introduction. Routledge
Hidayat, A. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas dI PAUD Studi kasus di TK Pelita Cendekia Sumber Rejeki Mataram. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
JYOTHIRADITYA PERI. (2024). Video gaming industry in the US. International Journal of Science and Research Archive, 11(1). https://doi.org/10.30574/ijsra.2024.11.1.0194
Khadidja, K. (2020). Constructivist Theories of Piaget and Vygotsky: implications for Pedagogical Practices. https://dspace.univ-ouargla.dz/jspui/bitstream/123456789/23988/1/P23F.pdf
Nugroho, I. (2020). PEER COUNSELING BERBASIS LOCAL WISDOM SOLUSI PROBLEMATIKA PENDIDIKAN REMAJA DI ERA DISRUPSI. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 1(01). https://doi.org/10.36728/cijgc.v1i01.1173
Pakpahan, F. H., & Saragih, M. (2022). Theory Of Cognitive Development By Jean Piaget. Journal of Applied Linguistics, 2(2). https://doi.org/10.52622/joal.v2i2.79
Putri, H., Susiani, D., Wandani, N. S., & Putri, F. A. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2649
Smith, R. (2020). Game-Based Learning: Strategies and Applications. IGI Global.